Candi Barong


Candi Barong adalah candi bercorak Hindu yang terlekat di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada di atas bukit dan dekat dengan candi Ratu Boko. Candi ini mendapatkan nama 'barong' karena bangunan utama candi memiliki hiasan kala dan makara yang mirip dengan barong.

Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10, sebagai peninggalan Kerajaan Medang periode Mataram dan kemudian ditemukan kembali pada awal abad 20 Masehi. Ketika ditemukan, candi ini telah runtuh. Pemugaran dimulai 1987 dengan menyusun kembali dua candi utama. Pemugaran selesai 1992, dilanjutkan dengan pemugaran talud dan pagar.

Candi Barong didirikan sebagai tempat pemujaan kepada Dewi Sri dan Dewa Wisnu. Dewa Wisnu berkedudukan sebagai dewa pemelihara dalam agama Hindu. Sementara itu Dewi Sri dianggap sebagai Dewi Padi. Pemujaan terhadap Dewi Sri dan Dewa Wisnu dimaksudkan untuk mendatangkan berkah kesuburan sehingga dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sekarang, Candi Barong sudah diubah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Para wisatawan dapat meneliti bangunannya dan merasakan kebudayaannya serta sejarahnya.




Sebab buah dikenal pohonnya.

评论

此博客中的热门博文

Pakaian tradisional Tiongkok--Hanfu

Permainan Anak Khas Tiongkok—Sepak Kenchi

Legenda dan Fakta Danau Xihu