Tebing Breksi


Tebing Breksi adalah salah satu objek wisata baru di Yogyakarta. Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Candi Ijo, hanya kira-kira berjarak satu kilometer saja. Wisatawan yang datang ke sini dapat mengunjungi candi-candi sekaligus.

Tebing Breksi bukan tempat wisata pada awalnya. Warga sekitar Tebing Breksi mengambil batu dari sini selama bertahun-tahun lamanya sejak tahun 80-an dan menjadi sumber mata pencarian warga. Batuan yang diambil akan dijual ke tempat lain atau diukir lalu dijual. Setelah peneliti melakukan kajian terhadap lokasi ini, ditemukan kenyataan bahwa batuan kapur breksi yang ada di tempat itu adalah endapan abu vulkanik dari gunung api Purba Nglanggeran di Gunung Kidul. Dikarenakan hal tersebut, maka berarti kawasan ini termasuk dalam cagar budaya yang harus dilestarikan. Larangan untuk melakukan penambangan tidak memutus semangat warga. Mereka mendapat ide untuk menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata setelah melihat keindahannya.

Dulu, Tebing Breksi masih jarang dketahui oleh wisatawan. Sekarang semakin banyak wisatawan datang ke sini untuk melihat ukirannya dan batunya. Dulu, Tebing Breksi masih kurang pengelonaan dan kurang fasilitas. Sekarang karena banyaknya wisatawan, pemerintah mulai memperhatikan pengelonaannya dan membangun fasilitas terkait.






Gayung tersambut kata terjawab.

评论

发表评论

此博客中的热门博文

Pakaian tradisional Tiongkok--Hanfu

Permainan Anak Khas Tiongkok—Sepak Kenchi

Legenda dan Fakta Danau Xihu