Candi Ijo


Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu. Candi Ijo ditemukan di perbukitan Ijo yang berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan kita-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta.

Candi ini diperkirakan dibangun antara kurun abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram. Dataran tempat kompleks candi itu berada luasnya sekitar 0,8 hektar, namun diperkirakan bahwa sesungguhnya kompleks Candi Ijo jauh lebih luas dari lahan yang sudah dibebaskan pemerintah tersebut. Dugaan itu didasarkan pada kenyataan bahwa ketika lereng bukit Candi Ijo di sebelah timur dan sebelah utara ditambang oleh penduduk, masih banyak ditemukan artefak yang mempunyai kaitan dengan candi.

Ketika Candi Ijo dibangunan, candi itu digunakan untuk kegiatan agama Hindu. Candi Ijo merupakan tempat pemujaan para dewa. Sekarang, Candi Ijo telah menjadi tempat wisata yang terkenal di Yogyakarta. Banyak wisatawan datang untuk merasa sejarahnya dan melihat bangunannya.

Dulu, Candi Ijo belum dikenalkan dengan baik. Maka kurang dana dan sumber daya manusia dalam melestarikan candi itu. Sekarang, nilainya sudah dilihat oleh pemerintah dan warga di sekitarnya. Candi Ijo dijaga dengan baik.



Kalau tidak angin bertiup, takkan pohon bergoyang.

评论

发表评论

此博客中的热门博文

Pakaian tradisional Tiongkok--Hanfu

Permainan Anak Khas Tiongkok—Sepak Kenchi

Legenda dan Fakta Danau Xihu