Desa Teletubbies


Desa Teletubbies terletak di Dusun Ngelepen, Prambanan, Jogjakarta. Di desa ini terdapat rumah-rumah yang berbentuk dome, yaitu bulat setengah lingkaran. Rumahnya jauh berbeda dengan rumah tradisional Jawa. Maka banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi desa ini.

Rumah dome itu dibangun pada tahun 2006 ketika satu daerah perbukitan dusun ambles hingga enam meter lebih. Para penghuni pindah dari sini setelah bencana itu. Kemudian pemerintah bekerja sama dengan World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan the Domes for the World Foundation (DFTW) membuat desa baru dengan konsep rumah domes. Rumah Dome yang berada di Jogyakarta ini adalah yang pertama di Indonesia.


Berbeda dengan rumah yang berfungsi hunian, rumah dome digunakan sebagai masjid, MCK komunal, dan aula. Karena rumah kayak ini jarang muncul dalam kehidupan dan orang sangat suka sama Teletubbies dalam tayangan anak-anak, maka banyak wisatawan juga tertarik ke sini. Desa Teletubbies sudah menjadi satu tempat wisata yang ramai

Dulu, ini adalah tempat yang ditinggalkan oleh warga di sekitarnya. Sekarang, desa ini hidup kembali dan menjadi tempat wisata yang ramai. Banyak anak-anak datang ke sini untuk mencari Teletubbies yang manis dan lihat rumah domes yang manis dan istimewa.




Utang emas boleh dibayar, utang budi dibawa mati.

评论

发表评论

此博客中的热门博文

Pakaian tradisional Tiongkok--Hanfu

Permainan Anak Khas Tiongkok—Sepak Kenchi

Legenda dan Fakta Danau Xihu